Wajib Tahu, Begini Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan

layanan jumpapay

Berbeda dengan perpanjangan STNK tahunan yang dapat dilakukan dengan berbagai pilihan, cara perpanjang STNK 5 tahunan tidak banyak. Sebab, salah satu syarat perpanjangannya adalah dengan membawa kendaraan untuk melewati pemeriksaan atau cek rangka dan mesin.

Perpanjangan STNK ini sangat penting agar STNK kamu  tidak mati, dan tetap aman saat dibawa berkendara. Perpanjang STNK 5 tahunan sebelum jatuh tempo agar kamu tak perlu menanggung denda tambahan.

Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan

Photo by pexels

Jangan menunggu hingga STNK mati untuk melakukan perpanjangan. Faktanya, memperpanjang STNK tepat waktu dapat menghemat pengeluaran untuk membayar denda pajak. Untuk memperpanjang STNK 5 tahunan di Samsat, ikuti langkah berikut ini.

1. Siapkan Dokumen Prasyarat

Pertama-tama, siapkan semua dokumen yang perlu kamu bawa, di antaranya:

  • KTP asli
  • BPKB asli
  • STNK asli
  • Surat kuasa, bila kamu mewakili keluarga atau orang lain.
  • NPWP, SIUP, dan TDP perusahaan apabila kamu datang untuk mengurus perpanjangan STNK untuk kendaraan milik perusahaan. 

Semua dokumen tersebut sebaiknya terlebih dulu digandakan (fotokopi). Dengan demikian, saat dibutuhkan, kamu tidak perlu mencari fotokopi dan keluar lagi dari antrean. Keluar dari antrean akan membuat kamu harus menunggu lebih lama. 

2. Datang ke Kantor Samsat

Langkah kedua adalah datang ke kantor Samsat. Bawalah bolpoin untuk mengisi formulir, dan datanglah sejak pagi karena kamu akan perlu mengantre. Gunakan kendaraan yang akan kamu perpanjang STNK-nya.

3. Ikuti Cek Fisik Kendaraan

Bawa kendaraan untuk mengikuti cek rangka dan mesin di Samsat. Setelah mendapatkan hasilnya, bawa berkas ke bagian dalam kantor Samsat. 

4. Isi Formulir Perpanjangan STNK

Lanjutkan dengan mengisi formulir perpanjangan STNK sesuai dengan data yang benar. Setelah itu, bawa semua berkas dokumen yang kamu siapkan beserta formulir yang telah terisi ke loket.

5. Lakukan Pembayaran

Kamu akan mendapatkan invoice untuk pembayaran pajak sesuai biaya perpanjang STNK 5 tahunan mobil atau kendaraan lain yang kamu bawa. Dari awal, sebaiknya kamu membawa uang tunai agar tak bingung mengambil uang di ATM terdekat. 

6. Ambil STNK dan Plat Nomor Baru

Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan bukti pembayaran dan dapat mengambil STNK baru serta plat nomor baru untuk dipasang di kendaraan. 

Antiribet, Perpanjang STNK 5 Tahunan dengan JumpaPay

Meskipun tidak ada cara langsung untuk perpanjang STNK 5 tahunan online, kamu dapat memanfaatkan situs JumpaPay di sini. JumpaPay adalah biro jasa terdaftar Samsat Polda Metro Jaya yang dapat membantu kamu mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan.

Tanpa perlu repot antre, kamu bisa menggunakan JumpaPay sebagai cara perpanjang STNK 5 tahunan. Tinggal bayar biaya perpanjang STNK 5 tahunan dan jasa sesuai yang tertera di website, dokumen-dokumen kamu akan diantar dan dijemput dengan aman.

JumpaPay sudah dipercaya lebih dari 10.000 pemilik kendaraan sejak tahun 2018. Temukan panduan layanan dari JumpaPay di sini:

Temukan Layanan Jumpapay di

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.