Yuk, Cari Tahu Istilah dan Arti Singkatan di STNK!

layanan jumpapay

Sebagai pemilik kendaraan, kamu tentu memiliki STNK dan harus kamu bawa ke mana saja ketika berkendara. Namun, tahukah kamu arti singkatan di STNK

“Memangnya ada istilah lainnya?”

Ada. Coba kamu cek STNK kamu lalu buka. Kamu akan menemukan berbagai jenis singkatan seperti SWDKLLJ. 

Ketemu? Jika sudah, baca informasi berikut ini agar kamu mendapatkan pencerahan. 

Kepanjangan dari STNK dan Fungsinya

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa itu STNK? Apa fungsinya?

Kepanjangan STNK adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan. Di dalam surat kendaraan ini, terdapat identitas atau informasi pemilik dan kendaraan. Karena itu, surat kendaraan ini merupakan tanda bukti pengesahan kendaraan dan kepemilikan yang sah. 

Surat yang diterbitkan oleh Samsat ini wajib kamu bawa ke mana pun terutama saat berkendara. Jika tidak dan ternyata terdapat pengecekan/razia, kamu akan mendapatkan tilang. 

Isi dari STNK yang Perlu Kamu Tahu

Sumber Pribadi

Apa di STNK hanya ada identitas pemilik saja? Tidak. Di STNK terdapat informasi mengenai kendaraan. 

Beberapa istilah yang akan kamu temui di STNK, yaitu:

  • BBN-KB: Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang merupakan pajak ketika kamu melakukan balik nama. 
  • PKB: Pajak Kendaraan Bermotor dan nilai PKB sebesar 1,5% dari nilai jual motor dan biasanya akan menurun sesuai dengan harga jualnya. 
  • SWDKLLJ: Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dan besarnya sumbangan tergantung dari jenis kendaraan. Misalnya untuk motor dengan mesin berkapasitas 50–250 cc memiliki SWDKLLJ sebesar Rp35.000. 
  • Biaya ADM: biaya administrasi untuk balik nama atau perpanjang STNK 5 tahunan. 

Setelah kamu tahu istilah seperti PKB dan artinya, jangan lupa cek masa berlaku STNK. Pastikan kamu melakukan perpanjangan STNK tahunan dan 5 tahunan tepat waktu. Jika tidak, maka kamu harus membayar denda sesuai waktu keterlambatan. 

Jika kamu mengalami kesulitan, misalnya tidak punya waktu untuk perpanjangan STNK, ada JumpaPay yang akan membantu kamu. 

JumpaPay sudah ada sejak 2018 dan hingga kini sudah membantu lebih dari 10.000 kendaraan, misalnya untuk perpanjangan STNK. 

Jadi, setelah tahu arti singkatan di STNK, jangan lupa untuk hubungi JumpaPay jika kamu mengalami masalah seputar pengurusan surat kendaraan. Praktis kan?

Temukan panduan layanan dari JumpaPay di sini

Temukan Layanan Jumpapay di:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.