cara balik nama mobil

Bagaimana Cara Balik Nama Mobil yang Tepat?

layanan jumpapay

Membeli mobil second memang menjadi salah satu opsi agar kamu bisa memiliki kendaraan roda 4 ini. Namun, saat kamu melakukannya, jangan lupa untuk mengetahui cara balik nama mobil

Kenapa? Karena tanpa balik nama, identitas pemilik kendaraan seperti di STNK akan tetap sesuai dengan nama pemilik sebelumnya. Tanpa balik nama, kamu akan repot ketika mengurus perpanjangan STNK baik tahunan atau 5 tahunan. 

Lalu, bagaimana caranya dan butuh waktu berapa lama balik nama mobil? Selengkapnya, cek informasi berikut ini. 

Lama Proses dan Biaya Balik Nama Mobil

Lama proses untuk balik nama tergantung dari antrean dan apakah ada keterlambatan atau tidak. Jika hanya mencetak STNK baru, kamu hanya butuh waktu sekitar 30-60 menit, tergantung dari antriannya. Sedangkan untuk BPKB, butuh waktu sekitar 3 hari–3 bulan jika ada keterlambatan. 

Lalu, berapa biaya balik nama mobil 2022?

Biaya untuk balik nama sekitar 1% dari harga unit mobil yang kamu beli. Jadi, jika kamu membeli mobil dengan harga second Rp300 juta, maka biaya balik nama sekitar Rp3 jutaan. Biaya tersebut belum termasuk administrasi di Samsat. 

Syarat dan Ketentuan Balik Nama

cara balik nama mobil
Photo Edited With Canva

Bagaimana prosedur balik nama mobil? Untuk balik nama, kamu perlu menyiapkan syarat berikut terlebih dahulu:

  • STNK mobil, KTP pemilik baru, BPKB asli dan salinannya. 
  • Kwitansi pembelian kendaraan dengan materai Rp10.000 dan ditandatangani. 

Setelah itu, ada 2 tahapan proses balik nama, yaitu di:

  • Samsat Asal (domisili pemilik mobil lama)

Di Samsat lama, petugas akan mengecek fisik kendaraan, seperti menggesek nomor mesin dan rangka. Nantinya, berkas tersebut akan disertakan agar kamu bisa membayar pajak. Dengan begitu, kamu bisa mendapat surat jalan untuk mengurus balik nama.

  • Samsat Baru (domisili pemilik mobil baru)

Di Samsat tujuan atau yang ada di domisili pemilik baru, kamu hanya perlu menyerahkan berkas yang sudah kamu urus sebelumnya. Nantinya, kamu hanya perlu mengisi formulir untuk mutasi dan membayar biaya cabut berkas. 

Kamu bisa langsung mengambil STNK serta plat nomor baru. Akan tetapi, kamu perlu mengambil BPKB di polres setempat setelah BPKB yang asli sudah jadi. 

Mengurus Balik Nama yang Lebih Sederhana dan Tanpa Ribet

Sudah jelas, ‘kan bagaimana melakukan mutasi mobil atau masih bingung dan terkesan ribet? Banyak orang yang memilih untuk membeli mobil di 1 kota yang sama agar proses balik nama lebih mudah. Di sisi lain, banyak juga yang memilih proses balik nama secara online untuk mempersingkat waktu, misalnya dengan JumpaPay. 

Di JumpaPay, kamu bisa melakukan proses balik nama lebih cepat, mudah dan praktis. Jika dokumen lengkap, proses balik nama hanya memakan waktu sekitar 5-15 hari kerja saja. Cepat, ‘kan?

Karena itulah, sejak tahun 2018, JumpaPay sudah ada lebih dari 10.000 kendaraan yang terbantu dalam proses mutasi hingga perpajakan kendaraan. Jadi, mau tahu cara balik nama mobil yang mudah dan praktis? Ya, JumpaPay saja!

Temukan panduan layanan dari JumpaPay di sini:

Temukan Layanan Jumpapay di

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.