two men in suit sitting on sofa

Syarat dan Biaya Balik Nama STNK Motor Terbaru 2021

layanan jumpapay

Untuk kamu yang ingin mempunyai kendaraan motor seken, ada baiknya mengetahui berapa jumlah biaya balik nama STNK motor saat proses balik nama di kantor Samsat.

Perlu diketahui bahwa proses ini merupakan hal yang dilakukan sebagai pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik sebelumnya kepada pemilih baru. Proses ini biasa dilakukan saat pembelian motor dari tangan pertama atau bisa dikatakan sebagai motor seken.

Untuk proses itu sendiri harus melalui pengecekan kelayakan kendaraan motor. Mulai dari melihat apakah  sepeda motor tersebut layak atau tidak untuk digunakan. Knalpot, ban, dan lain-lain apakah sesuai dengan standar yang sesuai atau tidak. 

Jika tidak sesuai standar maka tidak lolos pada saat cek kelayakan kendaraan bermotor. Setelah itu kamu harus membawa kelengkapan berkas lainnya.

Setelah semua beres, lalu masuk kedalam proses pembayarannya.

Biaya Balik Nama STNK Motor 2022

Biaya balik nama STNK motor samsat bisa mengacu pada setiap daerah. Biayanya bisa berbeda-beda, tergantung dari dari asal daerah kamu. Kebijakan pemerintah setiap daerah bisa berbeda-beda.

Untuk kamu yang ingin mengetahui berapa biaya balik nama STNK motor 2021 daerah kamu, bisa langsung mengunjungi halaman resmi dari samsat.

Berikut merupakan biaya balik nama motor 2021 untuk daerah DKI Jakarta:

  1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) biaya pajak ini tergantung dari dalam beberapa hal. Yaitu, jenis motor yang digunakan. harga motor dan umur dari sepeda motor tersebut.
  2. SWDKLLJ biayanya sebesar Rp35.000
  3. Administrasi biayanya sebesar Rp80.000
  4. Pembuatan BPKB baru biayanya sebesar Rp80.000
  5. Cetak STNK biayanya sebesar Rp50.000
  6. Pembuatan nomor polisi baru biayanya sebesar Rp30.000
  7. Biaya transfer nama Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB). Untuk hal ini, biaya jumlahnya pun bervariasi.

Dan juga ada beberapa tambahan berkas yang harus dibawa sebagai syarat. Jika ada kekurangan sebaiknya kamu harus segera mempersiapkan dokumen atau berkas berkas ini. Karena dalam prosesnya syarat membawa berkas adalah syarat wajib yang kamu harus lakukan. Adapun berkas tambahan yang harus kamu bawa adalah:

  1.       Fotokopi STNK dan asli
  2.       Fotokopi KTP pemilik baru dan asli 
  3.       Fotokopi BPKB dan asli 
  4.       Kwitansi pembelian motor tersebut dengan materai Rp 10.000
  5.       Faktur asli dan fotokopi

Nah, demikian adalah informasi mengenai biaya balik nama STNK motor pada saat proses balik nama serta syarat yang wajib ada pada proses tersebut. Kami harap dengan informasi tersebut, bisa membuat kamu mempersiapkan segala kebutuhan pada saat balik nama kendaraan bermotor di kantor samsat.

jika ingin lebih mudah kamu bisa melihat tentang pengurusan surat kendaraan bermotor di JumpaPay. JumpaPay sudah sangat dipercaya lebih dari 10.000 pemilik kendaraan sejak tahun 2018, lho. Yuk, kunjungi JumpaPay.

Temukan panduan layanan dari JumpaPay disini :

Mutasi Kendaraan & Perpanjang STNK 5 Tahunan

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.