cara perpanjang STNK mobil (1)

Cara Perpanjang STNK Mobil, Jangan Sampai Terlambat!

layanan jumpapay

Masa berlaku STNK mobil sudah hampir habis? Saatnya mempersiapkan diri untuk melakukan perpanjangan. Sekarang sudah ada banyak cara perpanjang STNK mobil yang bisa kamu pilih.

Perpanjangan STNK mobil ada 2 jenis, yaitu perpanjangan STNK tahunan dan 5 tahunan. Beberapa syarat administrasinya sama, tapi tentu ada perbedaan. Jadi, simak ulasan berikut sebelum berangkat mengurus perpanjangan STNK.

Cara Perpanjang STNK Mobil 

Photo by Unsplash

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk memperpanjang STNK. Namun sebelum bicara tentang itu, beberapa dokumen perlu kamu siapkan untuk proses perpanjangan, diantaranya sebagai berikut:

  • KTP asli pemilik mobil, sama dengan yang tertera di BPKB dan STNK
  • STNK asli
  • Uang sejumlah harga perpanjang STNK

Jika kamu ingin melakukan perpanjangan 5 tahunan, maka siapkan juga BPKB mobil yang asli dan kendaraan yang akan kamu perpanjang STNK-nya. Ini penting karena rangka dan mesin mobil juga akan diperiksa pada perpanjangan 5 tahunan. Setelah semua dokumen siap, pilih salah satu dari cara ini: 

1. Perpanjangan STNK Mobil di Kantor Samsat

Datang ke kantor Samsat terdekat, kemudian isi formulir perpanjangan STNK yang tersedia. Ikuti arahan di lokasi, termasuk melakukan pengecekan kendaraan untuk perpanjangan STNK 5 tahunan. 

Kumpulkan berkas pengecekan fisik kendaraan dan dokumen lain, lalu serahkan ke bagian pendaftaran. Bayar pajak sesuai yang tertera di STNK. Setelah itu, kamu bisa mengambil STNK baru.

2. Perpanjangan STNK Mobil Secara Online di e-Samsat

Proses perpanjangan STNK mobil secara online bisa kamu lakukan melalui e-Samsat.

Untuk menggunakan e-Samsat, kunjungi website resmi e-Samsat sesuai provinsi tempat kamu membeli mobil. Masukkan data yang diminta oleh website, lalu lakukan pembayaran sesuai jumlah pajak yang tertera. 

Setelah melakukan pembayaran, kamu bisa datang ke kantor Samsat pilihan, lalu mengambil plat nomor mobil dan STNK baru. 

3. Perpanjangan STNK Mobil di Aplikasi Samsat Online Nasional

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Samsat Online Nasional untuk perpanjangan tahunan.

Caranya, download aplikasi Samsat Online Nasional di Play Store. Masukkan data yang dibutuhkan, lalu kamu akan mendapatkan kode pembayaran. Lakukan pembayaran segera, kemudian kamu akan mendapatkan e-BPKB dan e-STNK yang masa berlakunya terbatas. Nantinya dokumen asli akan dikirimkan melalui layanan ekspedisi.

Tips Perpanjang STNK Mobil Anti Ribet Tanpa Antrean

Perpanjangan STNK mobil 5 tahunan tidak bisa kamu lakukan dengan aplikasi Samsat Online Nasional atau situs e-Samsat. Namun, ada cara perpanjang STNK 5 tahunan online agar tak perlu bingung harus perpanjang STNK dimana. Kamu bisa melakukannya secara online di JumpaPay.

JumpaPay siap membantu kamu memperpanjang STNK tanpa perlu mengantri, benar-benar anti ribet. Tanpa perlu meninggalkan tempat kerja dan lelah menunggu berjam-jam, kamu bisa perpanjang STNK motor atau mobil.

Menggunakan layanan JumpaPay adalah cara perpanjang STNK mobil yang mudah dan efisien. Tinggal duduk manis dan melakukan pemesanan, dokumen dan STNK kamu akan sampai dengan aman. 

Jangan khawatir dengan kualitas layanannya. JumpaPay sudah dipercaya lebih dari 10.000 pemilik kendaraan sejak tahun 2018. Jadi, semua prosesnya akan berlangsung aman.

Temukan panduan layanan dari JumpaPay di sini

Temukan Layanan Jumpapay di:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.